//

Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android Untuk Meningkatkan Kecepatan Performa

advertise here
Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android
sumber : wisnata.blogspot.com
Assalamuallaikum
RAM yang kecil memang menjadi kendala bagi para pemilik perangkat android dengan kapasitas RAM yang hanya berkisar 1 atau 1,5 Gb saja. Kendala yang paling dirasakan adalah tidak smooth nya performa saat melakukan multitasking ataupun buka tutup aplikasi hingga yang paling parah aplikasi crash dikarenakan RAM yang tidak mencukup untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Walaupun HP android jaman sekarang sudah banyak yang memiliki RAM 2 GB, nyatanya dengan ukuran RAM tersebut masih tidak dapat memberikan performa yang prima untuk ber multitasking atau pun berpindah aplikasi.
Beruntunglah  sistem android berbasis linux sehingga sistem dapat di edit sesuai keinginan, hingga dapat membuat virtual memory yang dapat membantu kinerja RAM. Perlu diperhatikan bahwa virtual memory ini tidak akan menambah RAM perangkat sobat, tetapi hanya membantu kinerja RAM sobat. Kinerja RAM akan dibantu oleh memory internal/memory eksternal sobat yang digunakan sebagai file SWAP untuk membantu RAM.

Sebelum melakukan cara ini, terlebih dahulu perangkat sobat sudah harus di root, karena aplikasi yang akan kita gunakan membutuhkan akses root ke perangkat sobat.

Oke langsung saja berikut cara Membuat Virtual Memory di Android :
  1. Download aplikasi Apps2SD all in One Tools secara gratis di playstore 
    Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android
  2. Buka aplikasi lalu pilih Swap Manager
    Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android
  3. Pilih tanda + dibagian ujung kanan aplikasi 
  4. Pada tab size pilih ukuran memory yang sobat hendak gunakan, disarankan hanya menggunakan 1024 Mb memory saja, karena biasanya yang terpakai hanya berkisar 500 Mb saja
    Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android

  5. Pada tab folder pilih ruang memory mana tempat file akan di SWAP, saya sarankan untuk memilih emory eksternal sobat, dengan memilih folder sdcard, agar tidak memenuhi memory internal 
    Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android
  6. Setelah itu pilih ok, dan tunggu hingga peroses selesai 
  7. Setelah selesai maka pada tampilah Swap manager akan terlihat seperti ini  
    Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android
  8.  Dapat terlihat pada perangkat saya total swap memory berjumlah 2 Gb dengan yang sedang digunakan sebesar 570 MB. Sobat dapat mengatur Swappiness sesuai dengan keinganan, swappiness ini merupakan ketergantungan memory swap untuk membantu RAM, semakin besar angkanya maka semakin besar pula memory swap yang akan membantu kinerja RAM sobat. 

Sekian Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android Untuk Meningkatkan Kecepatan Performa, semoga dapat membantu sobat. Bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Click to comment