Android12

Blog yang berisikan informasi terpercaya menganai tutorial, tips, dan juga info-info terbaru seputar dunia teknologi smartphone, gaming, dan komputer

Responsive Ads Here

Sunday, July 2, 2017

Cara Memindahkan Data Aplikasi Besar Ke SdCard Dengan Link2Sd [Working]

Assalamuallaikum
Android12 - Bagi para gamers yang suka main game di Hp pasti akan merasakan kendala yang satu ini terlebih lagi bila penyimpanan internal di perangkatnya hanya berkisar 16 Gb, yang biasanya akan penuh dengan foto, atau pun lagu-lagu yang sobat simpan. Alhasil aplikasi yang dapat tersimpan dalam perangkat sobat akan sangat terbatas, dan hanya bisa menginstall 1 atau 2 game 3D yang biasanya sudah berukuran besar, bahkan bisa mencapai 2 GB untuk hanya sebuah game asphalt 8 misalnya.
 Baca juga artikel Cara Membuat Virtual Memory (SWAP) di Android
Untuk itu tutorial ini akan hadir untuk dapat memecahkan masalah sobat. Dengan tutorial ini sobat dapat memindahkan file data obb game sobat yang biasanya berukuran sangat besar kedalam SdCard sobat sehingga dapat menghemat memory internal sobat.

Untuk dapat melakukan tutorial ini perangkat sobat terlebih dahulu sudah di root, karena aplikasi ini membutuhkan akses root.

tanpa berlama-lama lagi silahkan ikuti tutorial berikut ini untuk Cara Memindahkan Data Aplikasi Besar Ke SdCard Dengan Link2Sd :
Baca juga Cara Backup file aplikasi di android
  1. Download aplikasi Apps2SD all in One Tools yang tersedia gratis di playstore
  2. Sebelum dapat menggunakan menu Link apps to SD card, sobat terlebih dahulu harus melakukan partisi atau pembagian ruang memory SdCard, dikarenakan untuk data baru dapat dipindahkan dan terbaca jika memory SdCard sobat memiliki format ext2, ext3, ext4 yang dalam ke adaan normal SdCard sobat memiliki format fat32. Untuk dapat melakukan partisi silahkan baca artikel saya sebelumnya mengenai Cara Partisi SdCard di Android 
  3. Setelah dilakukan partisi sobat buka tab Link apps to SD card, dan sobat akan melihat semua aplikasi yang tersimpan dalam perangkat sobat. 
  4. Pilih aplikasi yang hendak sobat pindahkan, di sini saya memilih real racing 3, tetapi karena saya sudah memindahkannya maka akan terdapat pemberitahuan On SD Card.
  5. di sini sobat dapat melihat jumlah data yang terpakai dari aplikasi tersebut. Biasanya pada Data ukuran nya dapat sangat besar. Untuk memindahkannya pilih Link. lalu pilih tanda centang data yang ingin sobat pindahkan, dan pilih partisi kedua sebagai tempat penyimpanan 
  6. Pilih ok, lalu tunggu hingga proses selesai 
Sekian untuk tutorial  Cara Memindahkan Data Aplikasi Besar Ke SdCard Dengan Link2Sd semoga dapat bermanfaat bila ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar

No comments:

Post a Comment